[AD] Mengelola Penghasilan Tidak Tetap dari Bisnis Rumahan

Mengelola penghasilan tidak tetap punya tantangan tersendiri. Tidak hanya bagi yang memang memilih bekerja mandiri tetapi juga para karyawan yang juga merangkap bekerja lepas. Misalnya saja, penulis atau content writer ataupun penerjemah, berdagang dan banyak profesi lainnya yang bisa dikerjakan sebagai peluang bisnis rumahan.

Bagi para karyawan, penghasilan tidak tetap ini tak terasa habis begitu saja. Sementara itu, bagi pekerja mandiri punya ketakutan tersendiri apabila nantinya belum ada project.

Apapun profesi kamu saat ini, sangat penting untuk mengelola penghasilan tidak tetap maupun penghasilan tetap. Memang terdengar sulit untuk mengelola uang, namun ingatlah masa depan kamu! Yuk, simak beberapa tips mengelola uang yang akan dijabarkan pada daftar berikut:

3 Tips Mengelola Penghasilan Tidak Tetap

Bikin daftar penghasilan

Buatlah daftar sumber penghasilan kamu untuk bulan itu dan dalam waktu dua tahun terakhir. Untuk daftar dua tahun terakhir, kamu bisa menghitungnya dengan cara dibagi agar dapat rata-rata penghasilan kamu per bulan. Dari daftar ini, kamu jadi tahu sebenarnya berapa pendapatan kamu per bulan.

Lihat pula jumlah pemasukan terkecil di antara penghasilan kamu per bulan lainnya. Kemudian, pakailah angka tersebut untuk mengetahui kemampuan penghasilan kamu. Kadang kala bagi seorang freelancer bisa jadi dapat penghasilan yang cukup fantastis, bukan? Namun, jangan gunakan angka tersebut untuk melihat kemampuan keuangan kamu.

Buat daftar pengeluaran

Yap! Semua orang yang sedang bekerja dan sudah bisa menghasilkan uang sendiri selalu dituntut untuk membuat daftar pengeluaran. Tentukan pos-pos pengeluaran seperti tagihan rutin, kebutuhan harian seperti makan dan transportasi dan juga pengeluaran tak terduga. Jangan lupa untuk sisihkan dana untuk ditabung.

Sementara itu, bagi kamu yang sekarang bekerja rangkap sebagai karyawan dan juga melakukan usaha rumahan yang menjanjikan – sebisa mungkin gunakan gaji sebagai karyawan untuk pengeluaran rutin. Dana dari usaha yang sedang kamu jalankan sebaiknya ditabung atau investasi saja.

Rencanakan masa depan

Merencanakan masa depan bukan sesuatu yang tidak mungkin bagi kamu yang sekarang benar-benar bekerja lepas. Kamu bisa memulainya dengan membuat pos khusus untuk menabung dan investasi. Apalagi ketika kamu sedang memperoleh penghasilan yang sangat lebih daripada biasanya, anggaplah seperti kamu berpenghasilan biasanya saja. Maksudnya? Jangan tergoda untuk memiliki keinginan itu dan itu hanya karena kamu sedang ‘kaya-kayanya’. Namun, alokasikan dana berlebih itu untuk diinvestasikan.

Kesuksesan bisa diperoleh oleh siapa saja, baik mereka yang bekerja sebagai karyawan ataupun pekerja mandiri. Bagaimana bisa sukses itu bergantung pada orangnya, bukan profesinya. Salah satunya adalah bagaimana kamu bisa mengelola keuangan dan penghasilan yang kamu miliki, baik itu penghasilan tidak tetap maupun penghasilan tetap.

Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.