[RESEP] Ayam Saus Gochujang -tongdak-

Kali ini aku pengen bagi resep hal-hal yang berbau korea nih. Maunya ini resep disebut tongdak tapi kayaknya belum perfect kalau disebut tongdak. Gara-gara waktu kapan hari iseng beli gochujang buat bikin tteopoki sendiri dan masih sisa banyak banget, harus berpikir keras gimana cara ngabisinnya. Browsing-browsing resep akhirnya ketemu resep yang cocok. Terinspirasi dari rice box yang lagi hitz dan di Malang ada yang jual sebenarnya, tapi sistemnya PO jadi males kan nunggunya akhirnya berniat buat bikin sendiri deh.

Bahan:

¼ Dada ayam fillet janga buang tulangnya

5 siung bawang putih

1 butir telor

1 buah kentang ukuran kecil

3sdm Gochujang

Tepung Terigu

Garam, Merica, Gula

2 gelas Air

Minyak goreng


Cara membuat:

1.     Potong dadu dada ayam kurang lebih 5x5cm

2.    Haluskan tiga siung bawang putih lalu campurkan kedalam potongan ayam dan tambahkan garam merica sampai rata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.

3.    Rebus tulang ayam dengan irisan dua siung bawang putih sampai air tinggal setengah.

4.    Potong kentang sesuai selera. Tidak terlalu besar atau kecil, marinate dengan bawang putih halus, garam dan merica diamkan selama 10menit.

5.    Siapkan telor yang sudah dikocok dan tepung terigu. Setelah 30 menit, celupkan ayam kedalam telor lalu balur didalam tepung dan goreng secara deep fries kedalam minyak yang panas.

6.    Goreng kentang seperti menggoreng ayam diatas.

7.    Untuk sausnya: tumis saus gochujang lalu tambahkan air kaldu ayam secukupnya (jangan terlalu encer) tambahkan garam, gula dan merica sampai menghasilkan rasa yang sesuai selera kamu.

8.    Letakkan nasi putih putih diwadah lalu tata ayam goreng diatasnya dan tusuk kentang goreng ditusukan sate.

9.    Siram saus gochujang diatas ayam secukupnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.