Lapis Malang, Jajanan Baru dari Malang yang Pas Buat Oleh-Oleh

Lapis Malang

Pertama kali denger Lapis Malang, aku ga tertarik blas. Pertama, aku bukan penggemar jajanan basah sebangsa lapis legit gitu. Kedua, aku pikir karena namanya Lapis, bentuk dan rasanya pasti kaya jajan pasar gitu. Serius aku gak ada minat-mintanya buat nyobain. Tapi semua berubah setelah aku membaca salah satu blog Malang Citizen yang mengulas tentang Lapis Malang!

Lapis Malang ini ternyata buweda banget sama kue lapis yang di pasar tuh. Beda banget sama kue lapis yang warnanya cuma coklat dan kuning, apalagi sama lapis legit bweda banget!

Package dari Lapis Malang udah keliatan fancy dan elegan dengan dominan warna putih dan sizenyapun cenderung tidak biasa. Kalau biasanya mungkin cuma 20  cm ini sekitar 30cm panjangnya. Design packagenya juga gak biasa, kalau biasanya yang jajanan beginian cuma ditaruh di kotak dengan model buka tutup atasnya, kalau Lapis Malang pake model dengan konsep kaya guling gitu, jadi ketika kamu tarik salah satu sisi dari kotak ini maka sisi lain akan tetap menutup ya seperti kamu lagi masang sarung guling gitu deh. hmm paham kan maksud aku. hehehe maksa~

Lapis Malang

Varian Lapis Malang ternyata ada macem-macem. Ada rasa original, keju, coklat kacang, pandan, blueberry, dan kali ini aku berkesempatan nyobain 3 varian rasanya yaitu Pandan, Coklat Kacang, dan Blueberry. Kotak pertama yang aku buka adalah Pandan. Aku dorong keluar kotaknya dan yang aku lihat adalah melimpahnya taburan coklat putih diatas krim putih dan wangi pandan yang bawahnya merupakan lapis bewarna coklat. Kotak kedua yang aku buka adalah varian rasa coklat kacang, melimpahnya topping kacang diatas coklat dengan lapis bewarna orange dan coklat gelap dibawahnya. Kotak terkahir yang gak sabar aku buka varian Lapis Malang blueberry. Ditambah aku doyan banget sama rasa-rasa yang mengandung buah kaya gini. Sewaktu kotak rasa blueberry kubuka, harum blueberrynya kuat banget dibandingkan kedua varian tadi dengan topping parutan coklat bewarna ungu semakin menggoda imanku untuk segera ngicip Lapis Malang yang blueberry ini.

Lapis MalangLapis Malang

Overall, tekstur Lapis Malang ini lebih soft dibandingkan kue lapis biasanya yang dijual di pasaran. Warna coklat gelap yang menjadi base dari tiap varian Lapis Malang punya rasa yang dark coklat banget dan hampir menyerupai brownies kalau boleh lebay, sehingga jadi penyeimbang rasa manis yang udah ditonjolkan dari masing-masing varian yang nempel diatas lapis warna coklat ini. Dari 3 varian diatas, varian rasa blueberry yang paling juara dengan rasa manis kecut dan harum ala blueberry ini serius enak banget! Peringkat kedua jatuh kepada si coklat kacang yang pastinya bakal jadi idaman para pecinta coklat. Meskipun atas bawah berupa coklat tapi sensasi yang muncul saat mengunyah Lapis Malang ini sama sekali gak bikin eneg, apalagi ditambah kriuk kriuk kacang sebagai topping. Sedangkan varian pandan jadi favorit terakhir aku. Aroma pandan yang keluar dipadukan dengan krim dan parutan coklat putih diatasnya bakalan bikin kamu ngerasa nostalgia karena rasanya yang hampir mirip dengan jajanan kue bolu pandan buatan nenek.

Lapis Malang

Buat masalah harga gak perlu khawatir mahal, cukup 30.000 rupiah aja kamu bisa bawa pulang sekotak panjang Lapis Malang varian apa aja. Dapetin Lapis Malang juga gampang banget karena sekarang di Malang udah ada dua store resmi Lapis Malang yang berada di jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 dan jl. Kawi Atas 43 C. Oiya untuk masa kadaluarsa, Lapis Malang bisa bertahan 4-5 hari di suhu normal. Jadi ga perlu khawatir kalau mau bawa banyak buat oleh-oleh, apalagi design packingnya yang kokoh dan bawanya gampang, bikin kamu jadi mborong deh ini Lapis Malang!


Lapis Malang

IG: @lapis.malang

Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 Malang
Jl. Kawi Atas 43 C Malang
CP :  0811-7722-345

Price: Rp 30.000
Open: Everyday

Taste: ★★★☆☆
Service: ★★★☆☆
Parking Area: Available
Delivery Order: Yes

14 thoughts on “Lapis Malang, Jajanan Baru dari Malang yang Pas Buat Oleh-Oleh

      1. Kalau dilihat dari sejarah perkembangan kuliner, Lapis Malang dan Lapis Surabaya ini seperti saudara. Lapis Surabaya atau Spikoe, kan tiga lapis sponge cake (harusnya baked, tapi beberapa nekat mengukus :D), dan Lapis Malang ini dua lapis sponge cake. Kalau boleh tahu, ini itu cakenya dikukus atau dipanggang oven ya mbak?
        to be honestly, penasaran juga sih sama rasanya karena setahuku lapis kukus ini punya resep yang bener bener premium dengan tiap satu layer cake memakai 15 kuning telur, sehingga kalau Lapis Surabaya totalnya pakai 45 kuning telur, dan kalau Lapis Malang totalnya pakai 30 kuning telur.
        Walaupun mungkin lapis malang yang ini pakai resep ekonomis gak banyak banyak telur, karena reviewnya bagus, jadi penasaran deh jadinya hahaha

        1. kalau di rasain, baked sih and overall dia hampir seperti soft cake di lapisan atas dan kaya brownies di lapisan coklat. untk ukuran telor, kayakny aku setuju dg yg ini pake resep ekonomis diliat dari teksturnya yang g sepadat lapis surabya. tapi cobain aja sih heuheuheu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.