[RESEP] Bakso Aci Bumbu Seblak

Bakso Aci Bumbu Seblak

Resep kali ini dibuat karena gak mudik dan gak menikmati makanan khas lebaran. Akhirnya jadi gabut dirumah berujung buka-buka lemari dapur yang ternyata gak ada apa-apa. Yuk lah manfaatin yang ada aja deh buat Bakso Aci Bumbu Seblak. Gampang, murah, praktis, gak pake ribet! Cuss!

Bakso Aci Bumbu Seblak

Bahan:

Untuk buat Bakso Aci:
200gr Tepung Terigu
200gr Tepung Kanji
Air Panas
Garam
Merica

Untuk buat Saus Seblak:
2buah cabe Merah besar
3buah cabe rawit
5siung Bawang Putih
2siung Bawang Merah
1ruas Kencur
1buah Tomat
3lbr Daun Jeruk Purut, Potong halus.
1buah Bawang Bombai Cincang Halus
Garam
Merica Bubuk
Gula
Penyedap Rasa
Kecap Manis

Bakso Aci Bumbu Seblak

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kering bahan membuat bakso aci jadi satu.
  2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis. Kalau gak kalis-kalis aku tambahin tepung terigu dikit-dikit pokoknya sampai g nempel.
  3. Tunggu adonan dingin lalu bisa dbentuk bulat-bulat. (lumuri tangan pake terigu biar ga nempel-nempel waktu ngebentuk bulat-bulat)
  4. Didihkan air lalu masukkan adonan Bakso Aci yang sudah bulat kedalam didihan air tunggu hingga mengapung baru diangkat dan ditiriskan. Sisihkan.
  5. Haluskan semua bahan membuat saus seblak jadi satu, kecuali bawang bombay dan daun jeruk purut.
  6. Panaskan minyak tumis cincangan bawang bombay sampai harum.
  7. Masukkan bumbu halus lalu tumis hingga harum. Tambahkan garam, merica, gula, kecap, dan potongan daun jeruk purut sesuai selera.
  8. Tambahkan air secukupnya aduk hingga mendidih.
  9. Masukkan Bakso Aci kedalam bumbu dan aduk terus sampai jadi agak mengental.
  10. Testing rasa, kalau bumbunya udah pas siap deh disajikan. Kalau mau pedes lagi ya tinggal tambahin cabe rawitnya.

Bakso Aci Bumbu Seblak

Tips:

  • Kalau emang suka pedes banget tinggal tambahin cabe rawitnya, atau kalau mau praktis tambahin Bon Cabe level 30 duhh udah pedes banget aku sampai gak kuat.
  • Bumbu seblak identik sama rasa dominan kencur, satu ruas jari kencur udah kerasa banget. Jadi kalau mau lebih kerasa tambahin aja plus tambahin bawang putihnya biar lebih indonesian flavor banget. hehehe
  • Paling enak dimakan pas lagi anget-angetnya. 1 jam setelah disajikan sebenernya masih gak bikin bakso acinya keras kok, tapi ya gak oke aja kalau gak digigit pas anget. hohoho

10 thoughts on “[RESEP] Bakso Aci Bumbu Seblak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.