LAPAR ILMU TENTANG DIGITAL TECHNOPRENEUR DI GRAND LAUNCHING BINUS @MALANG

BINUS @Malang sudah launching gaes! Kampus yang sering aku denger di media sebagai kampus berbasis enterpreneur pada tanggal 23 – 26 Oktober 2019 resmi di launching dengan gedung barunya yang berada di Green Boulevard no. 1 Araya, Kota Malang.

Selama tanggal tersebut pula, BINUS mengadakan berbagai rangkaian acara yang sangat menarik dengan mengambil tema Digital Technopreneur yang dimaksudkan untuk menggabungkan digital technology dengan entrepeneurship sehingga menghasilkan suatu value atau nilai yang tentunya memiliki hasil yang tidak main-main. Wuihhh menarik banget kan kalau dilihat dari temanya!

Apalagi waktu cek rundown yang dishare di halaman website BINUS, pemateri yang mereka undang keren-keren dong. Kapan lagi kamu ketemu banyak orang hebat yang berkecimpung didunia Digital Technopreneur dalam satu waktu! Dan dari 4 hari rangkaian acara tersebut, aku berkesempatan untuk datang di tanggal 24 Oktober 2019 yang mana pematerinya salah satunya adalah pembicara ahli dari Grab, Gojek, Tokopedia, dan KG Media. Haduh makin deg-deg an kan ngelihat pematerinya yang keren-keren nih!

Gak Cuma excited karena pematerinya, salah satu yang bikin aku deg-deg an adalah ini pertama kalinya aku akan menginjakkan kaki ke gedung barunya BINUS Malang!! Gedung BINUS yang dominan bewarna coklat terlihat elegant dan kokoh dengan design yang modern. Apalagi waktu iseng keliling gedung BINUS sebelum acara di mulai, langsung kepikiran nih kampus berasa kaya hotel deh. Nyaman dan bikin betah! Apa aku pindah kuliah kesini aja ya? WKWKWK

Next…

Cukup takjub saat masuk ke arena Keynote Speech karena ternyata peserta yang hadir gak Cuma dari kalangan pegiat digital atau mahasiswa aja. Anak SMA juga banyak banget yang ikut hadir di acara ini. Sampe-sampe hampir aja aku gak dapet tempat didalem. Tapi karena kegigihanku ingin menimba ilmu, akhirnya dapet juga tempat duduk pewe didalem Hall BINUS @Malang

Pemateri pertama ada Adrianus Johan sebagai product manager GOJEK dan Kornelius Samuel sebagai product engineer Gojek. Mereka banyak bercerita tentang GOJEK yang merupakan perusahaan startup yang pada awalnya hanya berfokus pada transportasi kendaraan roda dua di jakarta khususnya, kini setelah 9 tahun mengembangkan startup tersebut, sudah ada lebih dari 23 layanan yang bisa kalian nikmati di aplikasi GOJEK yang semua itu ternyata dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat lho.

Pemateri berikutnya ada Igel Zibriel sebagai VP Area Business Development dari GRAB Indonesia yang membahas tentang The Emergecy of a Digital Technology Entrepeneur Ecosystem. Dimana GRAB adalah salah satu perusahaan yang lebih memfokuskan pada membangun suatu ekosistem dengan memperluas jaringan dalam pengiriman makanan, barang, pembayaran digital, kesehatan , dan layanan keuangan. Sehingga tak heran jika GRAB banyak menggandeng merchant lain dalam aplikasinya yang pastinya akan sangat berguna bagi para usernya.

Dilanjutkan dengan pemateri ketiga dari Tokopedia, ada Felix Yuwono sebagai Lead Product Manager dari Tokopedia yang membawakan materi tentang Where Digital Technology Meets Entrepreneurship in Creative Value. Tokopedia memiliki kesamaan dengan GRAB dimana aplikasi ini akan menjadi kendaraan yang menghubungkan antara user dengan berbagai pihak yang terutama dalam hal digital product. Jadi tak heran kalau kamu akses Tokopedia, kamu sudah bisa melakukan pembayaran (easy to pay), traksakasi finansial dan perbankan (financial solutions), melakukan pembayaran yang berkaitan dengan pemerintahan seperti bayar pajak dll. (public service), hingga melakukan donasi atau zakat juga bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

Puas dengan pemateri yang berkecimpung didunia digital sedari awal, pemateri keempat nih beda sih. Ada Andy Budiman yang bertindak sebagai CEO of KG Media atau Kompa Gramedia, yang kita tau bahwa mereka adalah salah satu media yang berasal dari media cetak. Andy Budiman banyak bercerita tentang perkembangan media cetak di Indonesia, minat baca masyarakat, dan bagaimana big data menjadi hal yang sangat penting terutama di era serba digital ini.

Btw, lepas dari pemateri yang keren-keren itu ternyata ada satu fakta yang terkuak bahwa SELURUH PEMATERI TERSEBUT ADALAH LULUSAN BINUS GAES!!!! Heboh gak tuh denger gosip postif kaya gini! Gak heran sih karena BINUS sendiri kayaknya memang kampus yang lebih fokus pada entrepeneurship yang ketika lulus nanti mahasiswanya sudah memiliki jalan untuk mewujudkan cita-cita mereka sebagai seorang entrepreneur tapi yang pastinya akan menghasilkan value yang keren juga seperti para alumnus BINUS tersebut.

Jadi, apa kalian tertarik menjadi seorang Digital Technopreneur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.