5 Recommended Meatball Place in Malang (Part 1)

Kota Malang dikenal orang dengan kota bakso. Banyak sekali pedagang bakso mulai dari gerobak kaki lima, kios, bahkan kini ada yang memakai sistem delivery order untuk pemesanan bakso. Meskipun banyak, namun rasa yang ditampilkan oleh tiap-tiap pedagang biasanya berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Entah itu dari rasa bakso, goreng atau kuahnya.

Aku sendiri sering mendapatkan pertanyaan terutama dari para pelancong yang berasal dari luar kota tentang dimana sih tempat bakso yang enak. Disini aku bakal mencoba memberikan 5 tempat bakso favorit aku yang mungkin bisa jadi acuan kalian kalau lagi pengen makan bakso di kota Malang. 5 tempat favorit aku buat ngemil bakso ini secara kesulurahan karena mereka punya ke khas an tersendiri yang gak bakal bisa kamu dapet di tempat bakso yang lain.

Here we are 5 recommended meatball in Malang

1. Bakso Cak Kar Wong Singosari
Memiliki cita rasa yang cukup berbeda dengan bakso-bakso lainnya karena mereka memberi berbagai varian isi disetiap baksonya. Bakso ini memiliki bakso goreng yang di isi irisan cabe yang diberi nama Bakso Ranjau, bakso yang diberi isian daging yang dicampur dengan cabe diberi nama Bakso Mercon, bakso isi otak sapi, hati sapi, dan juga isi keju.
Selain bakso isi tersebut, tersedia juga Bakso Jawara yang memiliki ukuran dua kali lipat dari bakso biasa yang bisa dihabiskan oleh tiga orang.
Namun letaknya yang cukup jauh dari wilayah Malang kota atau lebih tepatnya di daerah Singosari (arah ke Surabaya) kadang jadi mager buat kesini.

Price: Rp 2.000 – Rp 20.000
Place: JL. Kertanegara Barat Gg.III. Singosari +62 341 7778953

2. Bakso Bakar Pak Man
Bakso di tempat ini disajikan dengan cara dibakar seperti sate menjadi salah satu favorit warga Malang. Pelayanan yang ramah dan juga yang unik disini adalah pengunjung dapat mengambil bihun sepuasnya dan disajikan secara gratis. Buka setiap hari dan selalu ramai pengunjung terutama di jam makan siang atau jam anak-anak SMP – SMA pulang sekolah.
Bakso yang dibakar terdiri dari bakso halus dan bakso kasar dengan bumbu yang dapat dipesan jika mau tidak pedas, sedang, atau pedas. Namun menurutku, memesan dengan bumbu sedang sudah termasuk yang pedas luar biasa, apalagi jika memesan yang pedas. Sayangnya tempatnya cukup kecil dan sempit, disamping itu harganya juga termasuk mahal jika di lihat dari segi kantong pelajar. Tapi tetap, rasa mengalahkan semuanya.

Price: Rp 15.000 (5 porsi) Rp 30.000 (10 porsi)
Place: Jl. Diponegoro no. 19 Malang

Bakso Bakar Pak Man Malang

3. Bakso Cak Toha
Buat kalian yang doyan banget sama bakso urat, sok atuh coba bakso cak Toha. Ada bakso kecil dan bakso besar disini. Kuahnya juga menurutku tidak terlalu berkeruh tapi sedap. Menurutku tingkat kekenyalan di bakso urat Cak toha ini pas banget, tidak terlalu lunak atau terlalu alot.
Tapi tempanya yang cukup kecil dan panas jadi kadang males juga buat datang kesana apalagi saat jam makan siang, widiwh banyak banget pengunjungnya. Selain itu lahan parkirnya juga terbatas sekali karena letaknya yang tepat berada di pinggir jalan.

Price: Rp 2.000 – Rp 10.000
Place: Jl. Semeru (Depan Supermarket LaiLai)

4. Bakso Gong
Menjadi salah satu andalanku karena pentolnya yang ciamik soro. Satu porsi bakso gong yang berisi tahu coklat, dua goreng, 3 pentol halus, dan 2 pentol urat kasar plus tambahan bihun putih dan kuahnya yang bening namun tetap terasa tasty dan ngaldu banget gak salah kalau bakso ini bener-bener favorit. Teksture pentolnya yang dijamin 100% daging sapi asli emang terbukti saat kamu menggigit tiap pentol bakso yang kamu santap. Dengan berlokasi di pinggir jalan raya namun dengan konsep seperti garasi rumah yang cukup luas plus parkirnya yang mudah baik untuk kendaraan roda dua maupun empat jadi gak pernah bosan aku untuk mencicipi bakso disini.

Price: Rp 1.000 – Rp 5.000
Place: Jl. Melati no. 54 malang

Bakso Gong Malang

5. Bakso Arief Dekat Alun-Alun Batu
Untuk kelas bakso jumbo, aku suka banget sama bakso Arief yang berada di dekat alun-alun Batu. Meskipun bakso Arief ini cabangnya sudah ada diman mana bahkan di kota Malang sekalipun, tapi aku tetep suka buat nyantap nih bakso di bakso arief dekat alun-alun Batu karena tempatnya walupun kecil dan pegawainya yang cukup ramah ditambah ada sate usus yang disajikan sebagai side dish. Ditamabh harganya yang cukup terjangkau hanya berkisar Rp 8.000 untuk satu baksi jumbo baik kasar maupun halus. Ditambah dengan kuah bakso yang bening namun terasa kaldu dan tidak terlalu asin menjadikan bakso ini menjadi salah satu bakso favoritku.

Price: Rp 2.500 – Rp 8.000
Place: Jl. Diponegoro 20 (dekat alun-alun Batu)

Bakso Arief Batu

(to be contiue)

2 thoughts on “5 Recommended Meatball Place in Malang (Part 1)

Leave a Reply to Foody Floody Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.