Serunya Ngopi Bareng KAI 2018 di Stasiun Kota Baru Malang

Ngopi Bareng KAI 2018

Woii!!
Diem Diem Bae!!
Ngopi pa Ngopii!! Ngopi Bareng KAI 2018

Hayo, siapa yang baca kalimat diatas sambil nyolot?! Hehe, kebetulan banget waktu ada event Ngopi Bareng KAI 2018 yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia bersama Komunitas Kopi Nusantara kalimat diatas juga lagi viral. Gak salah kalau disetiap moment di acara ini semua pada ikutan menirukan kalimat diatas.

Ngopi Bareng KAI 2018

Event yang terselenggara mulai tanggal 30 hingga 31 Januari 2018 ini merupakan event serempak yang diadakan diseluruh stasiun di wilayah Jawa dengan membagikan total 50 ribu cup kopi gratis kepada seluruh pengguna kereta api jarak jauh dan sedang. Kopi yang dibagikan juga bukan kopi sachet, melainkan kopi asli nusantara terutama daerah dari masing-masing stasiun di Pulau Jawa. Begitu juga di kota Malang yang bertempat di Stasiun Kota Baru, para penumpang atunsias sekali dengan event Ngopi Bareng KAI 2018 ini.

Di Stasiun Kota Baru, terdapat kurang lebih 7 stand dari vendor kopi lokal Malang yang ikut berpartisipasi dalam Ngopi Bareng KAI 2018. Sedari pagi mereka sudah brewing untuk mempersiapkan 50 ribu cup kopi gratis yang akan dibagikan kepada para penumpang kereta api yang turun di Stasiun Kota Baru. Gak cuma itu, para penumpang juga bisa membeli aneka macam kopi baik yang masih berbentuk roasted been atau yang sudah di grind, plus para penumpang juga pastinya akan bertambah ilmu perkopiannya karena para barista disini degan sabar dan semangat mengenalkan kopi Indonesia.

Ngopi Bareng KAI 2018 Ngopi Bareng KAI 2018

Salah satu stand yang menarik perhatianku di event Ngopi Bareng KAI 2018 adalah stand Malang Sejuta Kopi, dimana aku bisa menemukan Kaskara alias kulit kopi yang bisa diseduh seperti teh. Rasanya seperti Bunga Rosella, light dan manis dengan aroma kopi. Cukup diseduh dengan air panas dan disajikan tanpa gula udah pas banget buat sore-sore. Selain stand Malang Sejuta Kopi, ada stand dari kedai Kopi Lanang yang khusus menjual kopi lanang robusta yang ternyata cara menyeduhnyapun harus menggunakan air dengan suhu minimal 90 derajat agar rasa dari kopi lanang bisa keluar sempurna. Aku sempet beli cold brew yang dihasilkan dari kopi lanang, dan pastinya para pecinta kopi pahit bakalan jatuh cinta dengan rasa yang dihasilkan kopi lanang.

Ngopi Bareng KAI 2018 Ngopi Bareng KAI 2018

Pembagian kopi gratis tidak hanya dilakukan di Stasiun saja, bahkan para penumpang kereta api yang pada tanggal tersebut sedang dalam perjalanan juga bisa berpartisipasi di event Ngopi Bareng KAI 2018 dengan menikmati kopi gratis yang diseduh oleh para barista lokal yang berada diatas kereta. Nah kebetulan aku ikutan on train dari Malang Stasiun Kota Baru dengan mengendari KA BIMA yang notabene adalah kereta api eksekutif dengan tujuan Jakarta Stasiun Gambir. Kapan lagi coy naik kereta api eksekutif! Hehe!

BACA JUGA :

[FOTO] Ngopi Bareng KAI 2018 – Dengan Kopi, Semua Tertawa – Part 1

Bersama dengan dua orang barista lokal Malang yang berasal dari dua kedai kopi berbeda, yaitu Pak Puji dari Kopi Karlos dan Mas Affan dari Kopi Cap Payung, mereka akan menyeduh kopi gratis diatas kereta yang diperuntukkan untuk para penumpang KA BIMA mulai dari Malang hingga Jakarta dan sebaliknya, terutama bagi penumpang yang bisa menunjukkan KAI Access di ponselnya.

Ngopi Bareng KAI 2018 Ngopi Bareng KAI 2018 Ngopi Bareng KAI 2018

Kalau banyak yang bilang kopi itu bisa mendekatkan satu sama lain, mungkin hal itu sudah terbukti di KA BIMA ini. Belum separuh perjalanan kami sudah sudah membaur jadi satu mulai dari para anggota Reska KAI, petugas keamanan, bahkan seluruh crew kereta api dari pak kondektur hingga para pramugara dan prmaugari sudah mampu melontarkan aneka macam candaan yang mampu mencairkan suasana seakan tidak ada batas profesi dan umur diantara kita.

Ngopi Bareng KAI 2018

Bahkan Pak Puji barista dari Kopi Karlos ternyata adalah seorang petani kopi juga di lereng gunung Arjuna, beliau dengan semangat becerita tentang suka dukanya bergelut dalam bidang perkopian, mulai dari menanam, memetik, dan mengolah hingga menyajikan. Beliau juga mengenalkan kami dengan Wine Coffee alias green been yang di rendam selama kurang lebih sebulan hingga menghasilkan rasa yang unik seperti wine dan juga memberikan kami info mengenai white coffee yang ternyata merupakan campuran kopi dengan santan. Tidak hanya itu, beliau juga sempat mengungkapkan keresahan atas kopi yang dihasilkan oleh petani lokal yang ternyata masih mendapatkan apresiasi minimal dari pihak “tinggi” yang mengambil kopi dari mereka. Kami semua dibuat sedih dan kagum dengan kegigihan beliau. GUYUP!

BACA JUGA : 

[FOTO] Ngopi Bareng KAI 2018 – Dengan Kopi, Semua Tertawa – Part 2

Ngopi Bareng KAI 2018 Ngopi Bareng KAI 2018

Para penumpang yang datang ke gerbong makanan untuk meminta kopi gratis juga dilayani dengan hangat oleh para crew dan barista. Benar-benar suasana saat itu gak bakal aku lupakan saat itu dan seketika menepis pandanganku tentang kereta api yang sebelumya aku pandang tidak nyaman untuk bepergian jarak jauh. Jujur sih aku jadi ketagihan naik Kereta Api hehe! Apalagi untuk pesan tiket kereta api kita gak perlu lagi repot-repot antri di loket stasiun. Cukup download KAI Access di Play Store dan tinggal klik klik beberapa langkah, kamu udah bisa booking tiket kereta gak lebih dari 5 menit.

Ngopi Bareng KAI 2018

Event Ngopi Bareng KAI 2018 ini sangat positif banget. Selain maksud dan tujuannya untuk mengenalkan pada masyarakat tentang betapa kayanya nusantara dengan berbagai macam kopi yang tak kalah dengan luar negeri, dan mengajak masyarakat untuk semakin sehat dalam mengkonsumsi kopi sehingga yang dikonsumsi bukan hanya kopi sachet saja. Semoga event Ngopi Bareng KAI ini menjadi event tahunan ya di Indonesia.

Maju terus kopi nusantara!

Ngopi Bareng KAI 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.