Categories
Food

Ketagihan Bikang Panas Mekar Sari Malang!

Kalau kalian kebetulan lagi jalan pagi atau gowes pagi di daerah pasar besar, jangan sampai deh melewatkan camilan fresh from the cetakan ala Bikang Mekar Sari!

Lokasinya terletak dipinggir jalan dengan menggunakan tenda ala bazar gitu. Dari luar seperti hanya menjual aneka kue basah, tapi kalau kalian mendekat, aroma santandan tepung ketan yang di panggang diatas cetakan bercampur dengan gula akan menyeruak. Wangi banget!

Untuk mendapatkan bikang panas ini, kalian harus datang pagi-pagi mulai dari jam 06.00. Karena kalau siang dikit pasti antri atau habis. Kalau menurut pengalaman, datang jam 9 kadang udah habis atau antrinya cukup mengular.

Aik yang masak bikangnya biasanya udah mulai masak jam 06.00, semua adonan bikangnya sudah dibawa dari basecampnya, jadi dilokasi beliau tinggal tuang-tuang ke cetakan. Masih jadi adonan basic warna putih aja udah kecium wangi vanili. Apalagi pas ketemu sama cetakan bikang yang pwanas, makin haruuum!

Kalau di toko kue, biasanya kita ketemu bikang yang warna warni dalam satu kue, kalau Bikang Mekar Sari, cuma terdiri dari dua varian “warna” ada yang warna coklat dengan aroma dan rasa coklat, sedangkan yang warna hijau dengan aroma pandan. Si “tante” akan memasak bikang sesuai pesanan, jadi dijamin bikang yang tersaji panas mongah-mongah.

Sebelum bikang mendarat di kerdus kue yang dilapisi daun pisang, bikang bakal di olesin santen kelapa yang kentel. Gak tau ya fungsinya buat apa, tapi kayaknya biar makin gurih gitu. Aduh pokoknya enak puol. TITIK!

Dari tadi kayaknya aku ngomong enak terus, emang beneran enak?

Iyo gaes! Mungkin karena masih panas ya, jadi sensasinya beda banget dibandingkan kalau kamu beli bikang di toko kue biasanya. Mungkin bagi beberapa orang ngerasa Bikang Mekar Sari ini agak kemanisan, tapi kalau menurut aku sih, manisnya bikang masih rata-rata kok, malah cenderung ke gurih. Apalagi kalau pas kedapetan bikang yang “bokongnya” agak gosong, sumpah itu kenikmatan tersendiri!

Untuk harga satu bijinya 4.000 rupiah aja. Emang agak mahal sih kalau dibandingkan bikang yang beredar dipasaran, tapi tenang aja, kualiatas bahannya gak bisa nipu, terbukti dengan rasanya yang enak (lagi lagi enak) bahkan saat bikangnya udah dinginpun, masih konsisten kok teksturnya. Yes, teksturnya. Karena kalau kue yang terbuat dari tepung berasa atau ketan kalau uda dingin kadang malah alot dan ngendal, Bikang Mekar Sari ini pas aku beli paginya dan baru dimakan sore hari, masih mantap!

Selamat mencoba ya!


What We Order?

Bikang : Rp 4.000


BIKANG MEKAR SARI DAN ANEKA KUE BASAH

Price: Rp 4.000
Open: Senin - Sabtu / 06.00 – habis
Taste: ★★★★☆
Service: ★★★★☆
Ambience: ★☆☆☆☆
Wifi: No
Electrical Plug: No
Mushalah: No
Parking Area: Available
Cash Only